Bintang rahasia...Begitu indah jika kau memahaminya, tapi tak kan pernah kau dapati di galaksi Bimasakti kita. Bintang yang penuh misteri, yang hanya dapat kau temui dengan hati..

Minggu, 25 Januari 2009

Gnostisisme

Di dalam kancah perkembangan filsafat dari Yunani kuno hingga ke pelosok Timur yang mulai menyebar dengan seiringnya perkembangan gerakan gereja pada abad pertengahan, mempunyai dampak/ pengaruh terhadap perkembangan keintelektualan dalam dunia Islam khususnya di Timur.
Gnostisisme berasal dari bahasa Yunani yaitu gignoskein yang berarti ’’tahu’’.
Gnostisisme, seperti yang tersirat dari namanya, bukanlah suatu gerakan yang berusaha menambah pengetahuan murni. Sebaliknya gnostisisme merupakan gerakan filososiko-religius yang di kaitkan dengan agama-agama misteri dan tertuju pada keselamatan pribadi. Gnostisisme sama seperti agama-agama misteri berbicara kebijaksanaan esoterik. Ritus-ritus mistikdan kata-kata magis di gunakan untuk melindungi diri dari setan.
-Kajian penting dalam pembahasan gnostisisme
yaitu ;
Realitas membentangkan dualisme tajam antara baik dan jahat, terang dan kegelapan, dunia matererial dan dunia spiritual. Dualisme ini dapat di atasi dengan kejatuhan sang Illahi, atau sistem emanasi yang merentang dari yang spritual ke material.
Tujuh daya pencipta dunia yang seakan akan jahat dan bermusuhan atau malaikat-malaikat yang merupakan emanasi terahir dari Allah. Dan dari mereka muncul kuasa kekegelapan .
Sang Ibu Agung, Dewi langat, yang sering disebut sebagai shopia.
Sang manusia pertama, yang hidup dalam dunia ini, manusia pertama ini muncul ke dunia untuk melancarkan perang terhadap kegelapan, dan dengan kemunculanya mulailah drama kehidupan ini. Ia sebagian di taklukkan oleh kegelapan tetapi kemudian di bebaskan,atau membebaskan dirinya.
Sang penyelamat atau soter, soter ini sering di sebut manusia pertama yang pembebasanya bukan untuk dirinya sendiri akan tetapi bagi anggota baru penganut gnostisisme .Iabertugas untuk menyelamatkan sang shopia.
Melalui gnosis (usaha memastikan pengetahuan tentang apa yang terjadi ), serta melalui pemisahan secara asketis dari dunia yang lebih rendah menuju dunia paling atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tiada suatupun yang sempurna kecuali Allah SWT. Begitu pula blog ini. Oleh karena itu komentar anda sebagai bukti partisipasi aktif dalam blog ini saya harapkan. Namun dalam memberikan komentar harap yang santun sesuai dengan kainah nilai dan norma yang positif.